PABX merupakan singkatan dari Private
Automatic Branch eXchange. Sebuah PABX pada dasarnya adalah sebuah sistem
telepon yang biasa disebut juga dengan switchboard yang digunakan sebagai
sistem telepon internal di kantor.
Gambaran
Sederhana Sistem PABX
Sistem PABX
memiliki beberapa/ banyak sambungan kabel yang mengarah pada sebuah
switchboard. Itulah sebabnya mengapa ada istilah "branch" dalam
kepanjangan PABX, karena "branch" atau cabang ini mengacu kepada
banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX. Alat PABX merupakan teknologi
yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta
bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di kantor.
Cara kerja
PABX adalah bahwa sesungguhnya perangkat ini merupakan modem yang berfungsi
sebagai control station pusat. Setiap kali ada telepon baru yang masuk, maka
telepon tersebut akan di-routing (diarahkan) melalui control station ini.
Karena di dalam sistem PABX tersebut telah dimasukan kode tertentu untuk
masing-masing nomor telepon di kantor, atau untuk masing-masing extension, maka
telepon masuk tersebut akan diarahkan ke tujuan yang tepat dengan menggunakan
kode tersebut.
Contoh
Kegunaan PABX di Kantor
PABX juga
dapat diprogram sehingga akan muncul greeting otomatis setiap kali ada telepon
masuk sebelum diarahkan ke tujuan yang bersangkutan. Untuk tujuan fungsi fax,
Anda dapat memprogram sambungan yang melalui control station tersebut menuju ke
sebuah mesin fax, atau bahkan ke berbagai nomor tujuan fax.
PABX modern
bahkan dapat diprogram dengan sistem komputer untuk melacak setiap telepon
masuk dan telepon keluar. Sistem ini bahkan bisa diatur siapa saja yang boleh
melakukan hubungan telepon ke tujuan tertentu. PABX juga bisa digunakan untuk
mengetahui penggunaan telepon karyawan yang tidak semestinya.
PABX juga
dapat digunakan sebagai Auto Attendant, yaitu fitur yang mengarahkan penelepon
masuk ke tujuan tertentu secara otomatis. Fitur ini terutama sangat cocok untuk
bisnis skala besar yang selalu menerima telepon masuk dalam jumlah besar setiap
harinya. Anda juga dapat melakukan conference call menggunakan PABX.
Bagian PABX
1. Cabinet
Rack
2. Power
Supply
3. Extention
Card
4. Trunk
Card
5. Option
Card, Dll
Fitur dan
layanan PABX
1. Automatic
Route Selection
2. Account
Code
3. Absen
Message
4. Back
Ground Music
5. Budget
Management
6. Busy On
Busy
7. Class Of
Service
8. Call Park
9. Call
Forward
10. Call
Transfer
11. Call
Pick Up
12. Data
Line Security
13. Delayed
Ringing
14. Ext Lock
15.
Emergency Call
16. External
BGM
17. Flexible
Numbering
18. Greeting
Message
19. Hunting
Groups
20. Incoming
Groups
21. Hunting
Groups
22. Line
Monitor
23. Manager
Function
24. Paging
Groups
25. SMDR
26.
Interkoneksi PABX
Pengertian
interkoneksi pabx adalah, gabungan 2 atau lebih pabx menjadi satu system
kesatuan. Fungsinya untuk penghematan biaya, contohnya jika sebuah perusahaan
memiliki kantor pusat dan cabang, yang mungkin cabang - cabang tersebut berada
jauh di luar kota bahkan luar negri sekalipun. Dengan di satukannya system
pabx, maka untuk menghubungi cabang melalui telpon tidak memerlukan biaya
pulsa, cukup komunikasi internal saja.
Macam - macam type PABX
PABX Digital
PABX jenis ini adalah pabx yang memiliki output data digital. Jenis pabx ini biasa menggunakan kabel tilion 4 kawat. Memiliki beberapa fitur seperticonference call serta menggunakan telepon khusus untuk menyambungkannya karena harus terlebih dahulu di konversi dari data digital menjadi suara. PABX Digital merupakan teknologi terbaru dari sebelumnya dan kelebihannya adalah di mana masing-masing pesawat teleponnya dapat berfungsi sebagai Operator Console.
PABX Analog
PABX jenis ini merupakan PABX yang mempunyai output atau extension sebagai sinyal analog-nya. Pabx jenis ini tidak membutuhkan telepon khusus karena sudah menggunakan sinyal analog seperti single line telephone. PABX jenis ini mempunyai kelebihan yang membuat Anda tidak perlu menyiapkan telpon khusus. Banyak perusahaan-perusahaan yang tertarik untuk membeli alat ini dan untuk penjualan PABX analog panasonic ini bisa didapatkan ditempat yang terpercaya, seperti di Indocommco.
PABX Hybird
PABX jenis ini adalah PABX gabungan antara kedua pabx di atas dan memiliki 4 kabel disetiap outputnya. Dengan gabungan kedua PABX Panasonic di atas, Fitur yang didapatkan menjadi semakin lebih baik karena adanya fitur-fitur baru maupun fitur lama yang ditambahkan dan ditanamkan kembali. Salah satu mesin PABX Hybrid yang sudah ada dipasaran adalah Mesin PABX Panasonic KX-TDA 600. Dengan berbagai fitur yang ada dan kegunaannya yang fleksibel, mesin hybrid ini sebaiknya Anda miliki baik untuk digunakan di kantor maupun di rumah.↩
IP PABX
Berbeda dengan PABX yang lainnya, PABX jenis ini ini tercipta karena meningkatnya kebutuhan data yang diperlukan. Pabx jenis ini menggunakan jaringan data ip (internet protocol) sebagai jaringannya untuk mengirim berbagai percakapan dalam bentuk paket data. Ip pabx juga mampu dijalankan dengan system analog dan digital serta tentunya jaringan data ip. Selain berfungsi sebagai alat komunikasi pabx jenis ini juga bisa dijadikan sebagai modem.
Layanan
Dasar sentral IP PABX
Sentral IP
PABX memiliki layanan – layanan dasar yang justru merupakan kelebihan dari
sentral IP PABX bila dibandingkan dengan sentral PABX konvensional, yaitu :
A. Support
analog system
Sentral IP
PABX memiliki kemampuan dalam mengakomodasi sistem jaringan telephone analog
B. Support
LAN system
Sentral IP
PABX mampu terkoneksi dengan jaringan komputer (LAN) melalui fast ethernet card
yang emiliki kapasitas bandwidth hingga 10 – 100 Mbps.
C. Call
Center
Sentral IP
PABX mampu mendukung fasilitas auto attendant dan fasilitas – fasilitas
Interactive Voice Response (IVR) serta bisa digunakan untuk aplikasi Computer
Telephone Integration (CTI)
D. VoIP
(Voice over Internet Protocol)
Sentral IP
PABX mampu mengakomodasi layanan VoIP melalui terminal IP Phone atau softphone
yang dipasang pada Personal Computer (PC).
E. ISDN
(Integrated Service Digital Network)
Sentral IP
PABX mampu terhubung dengan jaringan ISDN baik PRA maupun BRA analog R2.
F. Billing
System
Sentral IP
PABX juga dilengkapi dengan kemampuan billing system sehingga pengguna bisa
melihat record data telephone yang masuk maupun telephone yang keluar.
G. DID
(Direct Inward Dialing)
Sentral IP
PABX mendukung sistem DID, yaitu dimana user dapat menghubungi secara langsung
ke tujuan tanpa melalui operator.
H. ACD
(Automatic Call Distribution)
Sentral IP
PABX mendukung sistem ACD yaiatu suatu sistem yang bisa mendistribusikan
panggilan secara otomatis ke saluran yang kosong.
I. Group
Hunting
Sentral IP
PABX juga mendukung untuk layanan Hunting.
J.
Conference Call
Sentral IP
PABX juga mendukung untuk layanan conference call sehingga user bisa
menghubungi lebih dari satu user.
K. Gateway
Internet
Sentral IP
PABX juga bertindak selaku gateway ke jaringan internet sehingga pelanggan yang
terhubung dengan PC atau IP Phone dapat terhubung ke jaringan internet dan bisa
mengakses layanan VoIP, internet dan e-mail.
L. Malicious
Call Tracking
Sentral IP
PABX juga mendukung adanya layanan Malicious Call Tracking sehingga
administrator bisa melacak telephone yang masuk maupun yang keluar.
M.
Administrator
Operasional
sentral IP PABX dapat dikendalikan oleh administrator sehingga kinerja sentral
IP PABX dapat dimonitoring dan dikendalikan oleh administrator.
N. Fax over
IP
Sentral IP
PABX memungkinkan adanya layanan faximile over Internet Protocol (IP), sehingga
dengan adanya layanan ini memungkinkan terjadi komunikasi faximile antar gedung
tanpa melalui saluran provider telekomunikasi. Adapun layanan-layanan tambahan
berdasarkan masing-masing produk sentral IP PABX seperti halnya produk siemens
memiliki layanan tambahan berupa email server, proxy server, firewall dan
lain-lain, produk alcatel memiliki layanan tambahan berupa music on hold, night
service, emergency calling, serta produk NEC memiliki layanan tambahan berupa
Voice mail, DHCP server email server dan lain-lain.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar